Apr 26, 2008

Blog Idealis, Blog Materialistis

T.O.AImage by ^riza^ via FlickrBlog ini telah menjadi pelacur? Bisa jadi benar bila kata pelacur dibatasi sebagai upaya mengkomersialkan tubuh. Seminggu ini blog www.jejakgeografer.com yang dulu saya jadikan blog “secara gue”, blog idealis, blog ekspresi diri telah berubah menjadi blog materialistis! Tulisan pesanan secara beruntun nongol hingga sepuluh artikel. Tentu saja bukan topik yang biasa angkat. Malah, demi kesepuluh artikel pesanan tersebut saya terpaksa menambahkan satu kategori baru dalam blog ini.

Gambling? Dating?
Yap. Nafsu memperoleh duit secara cepat bermodalkan hobi menulis telah menurunkan idealisme yang pingin dibangun di blog ini. Tapi siapa mau menolak bila di depan mata disodori job yang lumayan menggiurkan? Cuma sekadar menulis artikel pendek selebar kartu pos dan dibayar dengan nilai yang lumayan. Asal tahu saja, saya memperoleh US $ 70 untuk kerja ringan menulis 10 artikel review.
US 70 bukan jumlah yang sedikit bila dibandingkan dengan hasil dari program google adsense misalnya.
Tapi mengapa memuat review tentang gambling dan dating? Apa tidak ada tema lain yang lebih bermoral? Tepat sekali. Karena memang tidak ada tema lain. Saya mendaftar program paid review pada minggu terakhir bulan april dan musti melahap 10 jatah yang disodorkan, semuanya bertema gambling dan dating.
Saya sadar, saya rada menyimpang dari idealisme pe-review di Indonesia yang alergi dengan tema perjudian. Tapi bagi saya, so what gitu lho? Jangankan soal gambling, pelacuran pun saya ulas di blog ini. Juga tema korupsi, lesbian, atau pemilu yang gitu-gitu doang.

Kompromi
Ujung-ujungnya saya musti kompromi. Bila tak ingin ditinggalkan pengunjung atau dicap sebagai blog SPAM, maka saya perlu melakukan penataan ulang atas tampilan blog ini. Sama seperti koran Kompas yang mengharamkan munculnya iklan di halaman 6, saya pun akan set ulang agar artikel pesanan tidak muncul di halaman utama. Itu janji saya. Ingatkan saya bila mulai ingkar janji ya.

Artikel terkait:
Bagaimana saya menghasilkan US$ 50 dalam satu jam saja?


original post by anang, yb