Jan 20, 2008

Antre Minyak Tanah, Kompor Gas Gratis, Stiker Helm

Biarpun saya gemar menulis, namun beberapa fakta yang saya lihat sehari ini membuat saya sulit untuk merangkai dalam satu tulisan. bantu saya ya...

Fakta I:
Lima ratus meter dari rumah saya ada pangkalan minyak tanah. Hari-hari ini setiap subuh selalu ada pemandangan yang membuat saya miris. Penduduk mengular menderetkan jerigen lima literan. Menunggu dan menunggu. Dari subuh hingga entah sampai kapan. Sudah sukur kalau sorenya kebagian, biarpun tidak sepenuh jerigen.

Fakta II:
Siang ini saya mendapat bantuan kompor gas. Komplet dengan tabung dan selangnya. Tentu saja tidak saya tolak.
Semua siap pakai. Tidak hanya saya yang dapat. Seluruh penghuni perumahan saya dijamin kebagian asal ber-KTP kalurahan setempat. 600 unit gratis untuk warga perumahan. Inilah jatah yang diberikan pemerintah. Tidak peduli walau sebagian besar penghuni adalah orang bermobil dan bersepatu mengkilap. Rumah banyak yang dua lantai. Termasuk yang saban hari menenteng handphone dan laptop seperti saya.

Fakta III:
Helm saya masih tertempel stiker bertuliskan "STOP KORUPSI - KORUPSI KAH AKU ?". Helm itu masih akan saya pakai untuk melindungi kepala dan otak saya.




***

Bagaimana anda bakal merangkai cerita atas tiga fakta tersebut? Atau mungkin fakta ke empat berikut bisa jadi perangkai sekaligus bumbu moral atas fakta-fakta sebelumnya:

Fakta IV
Hari ini saya menerima kompor gas gratisan, hari ini juga saya berniat untuk segera mengalihkannya untuk saudara saya di Solo yang penjual pepes tahu.

original post by anang, yb