Jun 10, 2008

Belajar Bisnis Online Secara Otodidak Itu Melelahkan!

Sudahkah anda ikutan program bisnis online? Program apa yang anda ikuti? Google Adsense, Domain parking, program affiliate, atau paid review?


Banyak orang memilih menjalani dan menjalankan bisnis online secara otodidak. Tentu saja ini bukan keputusan yang salah. Saya pun melakukan itu setidaknya sejak kenal dan tergoda oleh bisnis online hingga memperoleh tiga kali cek dari program google adsense.20px|Live Search logo Live Search MapsImage via Wikipedia

Belajar sekaligus melakoni bisnis online secara otodidak alias berburu ilmu sendiri, memang tampak menyenangkan. Nyaris tanpa modal selain tentunya biaya untuk mengakses internet. Bejibun e-book, artikel, blog, forum yang menyediakan ilmu bisnis online yang tak akan kering walau kita sedot sekuat-kuatnya. Kapan pun kita mau, ada ribuan "guru" yang siap memberi kita ilmu sebanyak yang kita mau. Nyaris segratis-gratisnya!

Benarkah seperti itu?

Sayangnya -bagi saya- belajar bisnis online secara otodidak ternyata luar biasa melelahkan. Ribuan ilmu, tips, dan triks terus menggedor otak saya sehingga sulit untuk fokus dan fokus. Sampai pada titik ini, justeru saya menanyakan: jadi gratisnya dimana bila sekian banyak waktu saya habis untuk melanglang buana dari satu situs ke situs lain, dari satu forum ke forum lainnya lagi, dari rahasia adsense meloncat ke SEO, meloncat lagi ke teknik mendisain web, meloncat lagi ke teknik merayu pengunjung.

Duh lelahnya!


Titik kelelahan ini menyadarkan saya bahwa perlu satu langkah yang lebih tertata, sistematis, punya target dan satu skedul untuk menguji sampai seberapa sukses saya menjalani bisnis online. Lebih dari itu, saya perlu satu mentor sesungguhnya. Bukan beribu mentor yang sesukanya bisa saya datangi atau saya lupakan. Dan saya perlu satu komunitas pelaku bisnis online yang serius, dan sungguh-sungguh.

Dan tidak salah dan tidak rugi bila minggu ini saya memilih satu langkah revolusioner. Saya lepas separuh dari pembayaran satu job menulis review (atau HANYA setara 4% dari penghasilan saya dari bisnis online) untuk menggaji seorang mentor. Saya sempat terkikik geli, hanya dengan 50ribu rupiah saya dapat segepok ebook tentang merancang web, triks mencari niche web, sedert high paying keywords, panduan google adsense, panduan menjalani program afiliasi, termasuk gratis satu program adsense page generator, sebuah program dengan sekali klik langsung menghasilkan web adsense secara instan dalam sekejap mata.

Bagaimana dengan anda? Masih tetap keukeuh pingin belajar bisnis online secara otodidak? Pertimbangkan lagi, bila perlu, download artikel bisnis online ini!


original post by anang, yb
Zemanta Pixie