Feb 26, 2007

Paskah Macam Apa yang Kau Mau ?


Lagi-lagi Paskah! Ritual yang selalu berulang setiap tahun.

Anda punya rencana apa untuk paskah tahun ini? Mungkin rencana anda tidak jauh beda dengan kebiasaan sebelumnya: ikut pendalaman iman di lingkungan (bila tidak hujan dan tidak ada acara lain), pantang makan ayam (karena takut flu burung), mengisi amplop APP sekedarnya... dst dll..

Tentu saja tidak ada yang salah dengan rencana di atas. Tapi bila Anda ingin sesuatu yang LEBIH, mengapa Anda tidak ingat akan hal yang satu ini: Paskah menuntut TINDAKAN NYATA !

Ya, mari wujudkan rasa syukur kita dengan melakukan sesuatu yang bisa dirasakan orang lain.

Lantas, kira-kira kegiatan apa yang paling dibutuhkan dan bermanfaat untuk sesama kita? Apakah ramai-ramai mengunjungi panti asuhan dengan menyewa bis seharga 1 juta? Atau membagi berkarung-karung beras? Atau cukup dengan merebus telur dan mengundang anak-anak untuk mencarinya?

Ataukah justeru di sekitar rumah Anda ada umat Tuhan yang kedinginan saat hujan, perut koroncongan saat anda tak sanggup lagi menghabiskan makan malam ? Apa yang bisa Anda perbuat untuk orang-orang seperti mereka ?

Sejatinya ada Tuhan yang akan merasa tertolong bila kita:
- mau berbagi jaket untuk tukang ojek yang menggigil kedinginan di pinggir jalan,
- mau berbagi seteguk air minum untuk tukang sampah yang setia mengangkat sampah kita,
- mau merelakan snack sisa rapat untuk office boy kita,
- mau bersapa dengan satpam di tengah malam walau hanya sekali sebulan,
--- Sebab Tuhan ada di dalam diri orang yang menggigil kedinginan, tercekat tenggorokannya menahan haus, maupun di dalam orang yang kesepian ...!