Sep 3, 2008

Cara baru mengalahkan diri sendiri: Parkour

Anda bosan dengan olahraga yang terlalu banyak aturan main? Atau jogging tak cukup kuat memacu adrenalin? Nah, kenapa tak mencoba olahraga yang satu ini: Parkour.

Parkour? Apaan tuh? Hehehe... saya pun tak tahu banyak sebelum menyambangi wikipedia.
Lumayan susah mendefinisikan olahraga ini dengan satu kalimat ringkas. Tapi coba dulu tengok gambar-gambar di wikipedia tersebut dan berimajinasilah dengan definisi parkour berikut ini: Parkour adalah seni bergerak dan metode latihan natural yang bertujuan untuk membantu manusia bergerak dengan cepat dan efisien. Penghalang gerakan bukanlah apa yang ada di depan kita;, bukan tembok, bukan batu karang yang terjal, tapi kemampuan tubuh. Jadi yakinlah, parkaur tak akan menggiring anda untuk menjadi pemenang atas kegagalan orang lain, tapi untuk menjadi lebih baik dari kemampuan diri kita sendiri di hari kemarin.

Yang pasti, parkaour bukan olahraga ekstrem walau foto-foto ilustrasi parkour (saat anda googling) menggiring kita pada pemahaman itu. Parkour tak sekadar mengumbar nyali semata. Parkaur menempatkan kematangan bertindak, ketepatan bergerak yang diramu dengan rasa percaya diri yang kuat. Terus berlari untuk membuktikan apakah "tak mungkin" sekadar ada dalam pikiran atau dalam kenyataan.

Biarpun komunitas penggiat parkour belum menjamur, namun jangan kawatir, cobalah untuk bergabung secara online di komunitas parkour indonesia. Kalau cocok, lanjutin dengan meyambangi lokasi latihan parkour di berbagai kota seperti Makassar, Bandarlampung, Bandung, Jakarta, Jogjakarta, Surabaya, dan Malang. Info lebih detail lagi bisa anda longok di blog komunitas parkour.

So? Tengoklah video parkour Indonesia di bawah ini. Bila anda yakini aktivitas seperti ini mampu mendongkrak kreativitas, kebebasan, fleksibilitas, membangkitkan rasa percaya diri, mengalahkan rasa takut, dan ujung-ujungnya membuat anda mampu melewati kehidupan dengan kepala tengadah.., tak ada salahnya untuk gabung!



original post by anang, yb

Reblog this post [with Zemanta]