Aug 22, 2008

Video Panduan Penggunaan MapSource Garmin

Gara-gara searching modul pengoperasian Mapsource di google dengan hasil nihil, maka terpaksalah saya membuatnya sendiri. Petunjuk penggunaan Mapsource (software bawaan GPS Garmin) sebetulnya sudah ada dalam paket pembelian GPS 60i yang saya punya. Sayangnya (dan pastinya) terulis dalam bahasa Inggris. Inilah yang tidak disukai peserta training di tanah air.

Padahal, untuk mempelajarinya tak perlu waktu lama. Sejam pun selesai. Lha wong fungsi dari Mapsource lebih banyak untuk download dan upload data GPS Garmin ke komputer.

Bosen dengan kegiatan membuat modul pelatihan dalam bentuk tekstual, saya pun mencoba membuatnya dalam versi video. Ya, mengapa tidak dicoba? Pilihan pun jatuh pada freeware (atau shareware ya?) Freez Screen Video Capture. Piranti lunak ini berfungsi untuk merekam kegiatan kita selama mengoperasikan komputer, tepatnya merekam gerakan kursor.

Selain gratis, penggunaan Freez Screen Video Capture relatif mudah. Bagusnya lagi, kita bisa saja memasukkan suara dalam video yang kita buat.

Sampai saat saya menulis posting ini, sudah 4 video cara penggunaan Mapsource saya buat. Lumayan keren, setidaknya menurut saya, hehehe.. Moga-moga sebelum selasa depan (26/08/08) saya sudah menyelesaiakan seluruh video panduan penggunaan Mapsource garmin. Nantinya, panduan penggunaan Mapsource ini akan saya share di Youtube. Ya, buat apa disimpen di harddisk doang kalau (siapa tau) ada yang membutuhkannya.

Sayangnya, video petunjuk penggunaan Mapsource ini turun kualitasnya setelah diolah menggunakan Windows Movie Maker. Yang terparah, suara merdu saya (yang adalah seorang Qori hehehe...) menjadi cempreng dan terdengar sudah uzur.

Ya sudahlah, setidaknya saya masih menyimpan file asli dengan kualitas lumayan bagus. Dan.. pastinya file yang ini tidak saya share, karena inilah modal saya cari makan hehehe..

Ini dia sebagian Video Panduan Penggunaan MapSource Garmin:



Video saya lainnya:Ekspedisi di Natuna

original post by anang, yb

Reblog this post [with Zemanta]