Jun 6, 2008

Situs Geografi yang Merana

Situs geografi yang dikelola suatu komunitas tampaknya susah untuk hidup. Dua contoh situs yang dulu sempat dikunjungi banyak peminat GIS dan Remotesensing yakni www.rsgisforum.net dan geografiana.com, keduanya tampak seperti hendak menghembuskan nafasnya yang terakhir. Untuk situs www.rsgisforum.net, posting terakhir dari redaksi adalah bertanggal 22 Februari tahun ini. Sudah berapa bulan yang lalu ya... Artistic impression of the 2001 Mars Odyssey on martian orbitImage via Wikipedia

Pada jamannya, situs www.rsgisforum.net menjadi rujukan utama para pencari data satelit dan peta. Ya, peristiwa tsunami mampu mengakrabkan Pemerhati, Pengguna dan Pengembang teknologi Remote Sensing (inderaja) dan Geographic Information System (GIS) di Indonesia dalam satu forum. Tapi masa itu sudah berlalu, dan situs www.rsgisforum.net tampaknya tak dilirik lagi.

Situs www.geografiana.com malah tak bisa dibuka lagi aksesnya. Situs Geografi yang maunya dibuat secara populer tampaknya juga terengah-engah di perjalanan. Awalnya situs ini dengan gepap gempita menampilkan diri sebagai portal yang secara cepat memberitakan peristiwa-peristiwa dari kacamata geografi. Tapi nasib bicara lain. Situs itu kini entah kemana.

Tampaknya ngeblog secara perorangan lebih bisa berstamina daripada ditanggung bareng. Tapi kenapa ya? Susah mempertemukan ego? Anda punya jawabannya?

original post by anang, yb
Zemanta Pixie