Jun 6, 2008

Gorengan Dicampur Plastik?

Gorengan dicampur plastik? Yap, ini satu lagi kasus kuliner Indonesia. Setelah kasus formalin di campuran bakso, dan pewarna tekstil di produk jajanan, kini ada satu kasus lagi: gorengan yang dicampur plastik!

Adalah Antv yang siang ini (6/6) lewat acara Topik siang memaparkan modus pedagang gorengan yang nakal. Modusnya gampang, mencampur plastik kedalam minyak panas di penggorengan. Konon, minyak goreng yang dicampur lelehan plastik akan membuat gorengan lebih tahan lama dan tidak lekas lembek. Soal rasa? hmm, tampaknya tidak ada bedanya.

Biasanya plastik dicampurkan saat minyak sudah mendidih. Atau cara paling gampang, masukkan saja minyak goreng beserta plastik pembungkusnya. Segampang itu modusnya. Saat gorengan masih hangat, susah membedakan apakah minyak yang digunakan sudah dicampur dengan plastik atau belum. Sebaliknya bila gorengan sudah menjadi dingin, akan tampak gumpalan bening pada gorengan. Bisa jadi gumpalan tersebut adalah 'serpihan' plastik yang mengental.

Seberapa banyak pedagang gorengan yang mencampur plastik dalam pembuatan gorengan? Ah entahlah, toh sulit untuk menghitung ataupun menelitinya. Yang penting, waspadalah wahai penggila gorengan!

foto: dapur-judith.blogspot.com

original post by anang, yb
Zemanta Pixie