Jul 17, 2007

Melepaskan Diri Dari Madat Blog


Seberapa adiktif blog dalam hidup kamu?

Hari-hari ini saya seperti disadarkan betapa blog telah menjadi candu. Tiada hari tanpa ngeblog. Mulai nyiapin posting 2-3 tulisan per minggu, blogwalking sambil meninggalkan jejak di shoutbox ataupun di kolom komentar, cari disain template yang keren, ngintip forum sana-sini dll...
Ngeblog tampaknya telah sejajar dengan kebiasaan chatting, main game online atau game sudoku. Bila sudah adiktif, maka banyak hal lain menjadi 'tidak kepegang'.
Bukan berarti ngeblog tidak ada manfaatnya bagi saya, ya. Pasti ada dong. Dari blog saya banyak teman baru, hobi menulis ada penyaluran, sekali-dua tulisan kita menang kontes, cerpen lolos seleksi, dipercaya menjadi kontributor artikel di salah satu web.
Tapi ya itu tadi. Ada keinginan kuat dalam diri untuk melakukan refleksi, apakah saya sudah terjerumus dalam kebiasaan madat blog?
Nah..., buat menguji itu, sepertinya saya perlu pisah ranjang untuk sementara waktu dengan blog. Tulisan tentang Sobron Aidit (setelah posting ini) akan menjadi posting sahur sebelum akhirnya ritual puasa blog akan dimulai.
Sampai seberapa lama pisah ranjangnya? Yah mungkin berhari-hari. Atau mungkin juga hanya sehari. Tergantung seberapa kuat saya menanggung sakaw blog :D

original post by anang, yb