Aug 22, 2008

Situs Lowongan Kerja: Seperti apa yang baik?

Silver Spring, MarylandImage via Wikipedia Jaman boleh berubah, tapi mindset orang tetaplah sama soal cari nafkah: pekerjaan haruslah dicari, bukan dibuat; Lowongan (pekerjaan) musti dikejar, bukan kita ciptakan.
Walhasil, situs lowongan pekerjaan pun tetaplah marak di internet, bersanding dengan situs lirik lagu dan "diary gadget" yang ketiganya tak terlalu susah memburu content-nya.

Satu situs lowongan pekerjaan yang muncul belakangan adalah lowonganpekerjaan.net. Apa menariknya situs ini dibandingkan situs serupa lainnya? Okey, secara subyektif, ada tiga faktor yang membuat situs ini berbeda yakni content, navigasi, dan tampilan. Dari ketiga faktor tersebut, saya sangat yakin kalau kekuatan terbesar terletak pada content. Yuk kita bahas satu persatu.

Content
Siapapun di belakang pemilik situs ini, pastilah orang yang sangat paham soal pola pikir pemburu lowongan pekerjaan. Apakah itu? Perusahaan besar adalah prioritas! Yap! Tengok saja deretan lowongan kerja yang dipajang di halaman muka dengan huruf besar-besar, semuanya perusahaan dengan skala besar. Memajang lowongan kerja baru dari perusahaan skala nasional secara menonjol bakal membuat pemburu lowongan kerja ketagihann untuk berkunjung dan terus berkunjung ke situs ini.

Navigasi
Tampilan halaman muka situs ini telah berubah sejak saya terakhir mengunjungi. Kini di bagian bawah disediakan dua navigasi sebagai pintu masuk bagi pengunjung untuk menentukan pilihan. Satu boks berisi kategori lowongan, dan satu boks lainnya adalah lokasi. Catatan kecil untuk pemilik situs, mestinya jangan mencampurkan antara jenis pekerjaan dengan level pekerjaan. Demikian pula halnya untuk lokasi. Mengapa tidak distandarkan saja dalam wujud lokasi berdasar batas administratif misalnya nama kota. Sebab untuk yang sekarang, masih bercampur antara nama kota dengan nama perusahaan. Satu lagi, dimana button search?

Tampilan
Situs yang mengandalkan database memang semestinya dibuat minimalis, tanpa banyak flash dan banner. Ini untuk menjaga agar loading time bisa berlangsung cepat. Sukurlah situs ini masih setia dengan prinsip tersebut. Moga-moga saja seiring dengan populernya situs ini, tak membuat pengelola situs menjejalkan banyak banner di dalamnya.

Jadi, carilah lowongan kerja 2008 lewat situs di internet. Bila tetap saja tak ada yang cocok, mengapa anda tidak beralih profesi sebagai pengelola situs? Siapa tahu mengelola situs lowongan kerja adalah lowongan buat anda!

original post by anang, yb

Reblog this post [with Zemanta]