Jul 12, 2008

Bagaimana Cara Memilih Nama Domain yang Cocok?

Tampaknya lebih enak memberi nama bayi daripada mencari nama untuk domain kita! Lho kenapa? Ya, karena di gramedia ada sederet buku kumpulan nama bayi yang bisa kita pilih sesukanya. Mau nama bayi sesuai fengsui? ada dong. Atau pingin nama bayi dengan lafal timur tengah? atau Nama bayi yang sok ke-artis-artisan? Ada juga...
Sayangnya buku kumpulan nama domain belum ada tuh di toko buku, dan kalaupun ada, pastinya tidak bisa kita jiplak mentah-mentah. Kenapa? Ya karena nama domain haruslah unik dan tidak boleh ada kembarannya.

Tapi tunggu dulu, saya punya info tentang software yang bakal membantu kita membuat nama domain yang seksi dan menggoda orang untuk mengintipnya!

Software ini bernama Domain Name Analyzer. Kalau mau download silakan saja sambangi situs Softnik Technologies atau search saja di google dengan kata kunci Domain name analyzer.. Tapi, eit ntar dulu... Baca saja dulu penjelasan penggunaan Domain name analyzer di bawah ini ya!

Apa yang bisa kita lakukan dengan freeware Domain name analyzer? Ini dia manfaatnya --> Kita bisa membuat nama domain dengan berdasarkan kata kunci



Bagaimana membuat nama domain berdasarkan kata kunci? Gampang, misalnya saya pingin membuat nama domain dengan kata kunci AHIRA (hehe.. suka-suka dong, namanya juga contoh). Okey, perhatikan deh screenshoot kedua ini:



Pada kotak nomor 1 anda bisa masukkan kata kunci yang dibidik
Pada kotak nomor 2 anda bisa masukkan kata-kata pilihan di awal kata kunci
Pada kotak nomor 3 anda bisa masukkan kata-kata pilihan di akhir kata kunci
Pada kotak nomor 4 anda bisa pilih beberapa opsi cara pembentukan nama domain
Pada kotak nomor 5 anda bisa pilih kategori yang sesuai (bisnis, car, music, dll)
Pada kotak nomor 6 anda pilih TLD yang anda suka.

Sudah? Tekan OK dong...
Hasilnya seperti ini:


Enak kan? ada 158 variasi nama domain dengan kata kunci AHIRA yang dihasilkan oleh freeware Domain name analyzer ini. Tapi tunggu dulu, anda musti cek juga apakah seluruh nama tersebut belum dipakai orang lain. untuk itu gunakan perintah LOOKUP ALL pada menu LOOKUP. Hasilnya ini dia:



Nah... tuh liat. Anda masih bisa membuat nama domain webahira.com atau netahira.com atau ahirazone.com.. Hebat kan?

Tapi bukan cuma itu lho manfaat domain name analyzer. Anda juga bisa mengecek whois dari domain name yang anda incer. Anda pun bisa membuat/mencari kemungkinan nama domain dari teks/artikel yang panjang..

Selamat mencoba kawan! Kabari saya kalau anda terbantu dengan artikel sederhana ini ya!
original post by anang, yb