May 23, 2008

Fajar Y S Zebua: Keinginan(terburuk) Meraup Dollar Lewat Internet


Jangan buru-buru senang bila anda disapa dengan julukan GAMAWATI. Sebab sapaan tersebut tidak selalu berarti anda adalah anggota Keluarga besar UGM. Bagi segelintir orang, GAMAWATI berarti Gabungan Maling Waton Bathi! *


Nama Fajar Y S Zebua mendadak sontak jadi terkenal dalam sebulan terakhir. Memang, ketenarannya belum seheboh alumni UGM lainnya semisal Mas Roy. Tapi yang pasti, sosok yang disebut-sebut alumni dan atau mahasiswa (entah mana yang benar) S2 MIPA Ilmu Komputer UGM telah berhasil meraup uang dari internet secara sangat instant. Bukan dollar yang dia raup seperti judul buku yang dia tulis, tapi rupiah. Dan celakanya, modus pencarian rejeki dia membuat banyak orang geleng-geleng kepala. Dia memilih menjadi GAMAWATI.

Buku Google AdSense: Mudah Meraup Dolar di Internet yang ditulis oleh Fajar Y S Zebua diyakini oleh banyak orang dan khususnya Cosa Aranda sebagai hasil jiplakan mentah-mentah dari sekian banyak artikel yang bertebaran di internet. Dan tampaknya, tulisan Cosa Aranda adalah yang paling banyak dicomot dan dipajang di buku tersebut.

Ah, saya yakin plagiator ini bukanlah orang Jogja asli. Sebab orang Jogja mustinya pandai plesetan. Kalaupun mau menjiplak mustinya dia plesetkan sedikit-sedikit baik judul maupun kalimat di dalamnya. Tapi nyatanya tidak. Materi tulisan yang dia jiplak nyaris sama plek baik isi maupun judul-judulnya. Ampun!

Fajar YS Zebua
sudah memilih jalannya. Dan nama baik dirinya, keluarga, anak dan isteri (sudah kawinkah?) jadi taruhan yang sangat mahal. Tak perlu saya sebut sekian banyak peribahasa yang menekankan betapa berharganya nama baik dalam kehidupan kita.
Dan bila itu sudah kita pertaruhkan, dengan cara apa kita bakal menebus nama baik yang sudah tergadai?

*waton bathi = yang penting untung

original post by anang, yb