Jul 18, 2006

Dentuman -awan vertikal- gelombang pasang

Maafkan saya bila tulisan di bawah ini ngawur dan tidak ilmiah...

Gelombang pasang telah menyapu sebagian pantai selatan Jawa (17/7). Dari sekian banyak berita dan informasi tentang kejadian itu, ada satu kabar-kabari berupa spekulasi bahwa gelompang pasang tersebut bukan kejadian alami. Yah, anggaplah spekulasi ini khas orang Jawa: spekulasi "gothak-gathuk" -menarik benang merah dari beberapa kejadian yang (semula tampak) tidak saling terkait.
Anda mengikuti berita KOMPAS tentang fenomena-fenomena aneh di Bantul pasca gempa 27 Mei 2006 ?
Diberitakan, saat ini penduduk Bantul khususnya di dekat pantai, sering mendengan suara dentuman dari dalam tanah. Suara dentuman ini tidak hanya terdengar sekali, namun berkali-kali dengan intensitas berbeda. Fenomena lainnya adalah munculnya cahaya terang yang meluncur di atas langit disusul awan vertikal. Beberapa orang pintar dari UGM (pakar geologi, geografi) berusaha memberi jawaban atas fenomena ini, sayangnya bukan jawaban memuaskan yang terdengar. TV7 pun ikut menayangkan fenomena ini.
Kini ada satu kejadian alam lainnya: gelombang pasang dengan kekuatan besar yang mampu menyapu pantai selatan Jawa.
Bila tiga kejadian tersebut disandingkan: dentuman dari dalam tanah - awan vertikal di langit - gelombang pasang, kira-kira apa ya benang merahnya ?
SMS (konyol) yang masuk di handphone saya: ini percobaan nuklir....